- / / : 081284826829

Prof. dr. Tjandra: Petugas Kesehatan Itu Pekerjaan Mulia

"Untuk menunjang parawisata di Kabupaten Pangandaran melalui bidang kesehatan, salah satu caranya dengan meningkatkan pelayanan kesehatan."

Ungkapan tersebut dikatakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp. P(K) MARS, DTM&H, DTCE saat melakukan kunjungan kerja dan silaturahmi dengan Pegawai Loka Litbang P2B2 dan para Pegawai Kesehatan yang ada di Pemda Kab. Pangandaran, Jumat (16/1/2015), di Gedung Theater Loka Litbang P2B2 Pangandaran.

Pada kesempatan itu,  Tjandra mengungkapkan, "Pangandaran sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) yang baru saja dimekarkan dengan ciri dan karakter sebagai daerah parawisata. Maka dari itu, bagaimana caranya meningkatkan pariwisata dalam sudut pandang kesehatan," ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan gaya santai tapi serius dan humoris, Tjandra menuturkan, kalau dirinya cukup simpatik bahkan mengapresiasi terhadap keberadaan Pemda Kab. Pangandaran yang belum memiliki kantor kesehatan sendiri. "Tapi dengan kekurangan tersebut, jajaran kesehatan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan barokah," tuturnya.

Pada kesempatan yang dihadiri jajaran petugas kesehatan dari Puskesmas se Kab. Pangandaran tersebut, Tjandra juga memberikan semangat dan motivasi kepada petugas kesehatan. Menurutnya petugas kesehatan harus mempunyai kebanggaan bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat di tengah keterbatasan yang dimiliki. "Pekerjaan kesehatan menolong masyarakat yang sakit secara langsung merupakan pekerjaan mulia," ungkapnya.

Tjandra juga mengungkapkan, "Jangan patah semangat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, meskipun masih serba keterbatasan dan berada di pelosok, seperti di Kecamatan Langkaplancar yang berada diujung Kab. Pangandaran. Pekerjaan kita ini sangat mulia," katanya sambil tak henti-hentinya memberikan motivasi serta berjanji siap memfasilitasi usulusan peningkatan fasilitas kesehatan dari Pemda Kab. Pangandaran ke Menteri Kesehatan RI.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pangandaran, H. Dede Saeful Uyun mengungkapkan,  untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada tahun 2015 ini pihaknya akan berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan dan peningkatkan bangunan puskesmas.

Pada akhir acara kunjungan kerja ini, diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama dengan seluruh undangan.*(ad)*

WWW.ARDADINATA.COM