- / / : 081284826829

Mengenal Demam Berdarah Dengue

Saat ini kita mesti waspada terhadap berbagai penyakit, termasuk demam berdarah. Oleh sebab itu kita mesti mengetahui ciri ciri demam berdarah dengue baik pada orang dewasa, pada anak, bahkan kepada balita sekalipun. Sebab jika kita lengah dan mengabaikan gejala penyakit demam berdarah, maka kematian bisa saja menjadi resiko tertinggi penyakit ini.

Jadi jika ada tetangga atau di lingkungan terdengar kabar menderita demam berdarah, maka waspadalah sebab penyakit ini di bawa oleh nyamuk yang artinya bisa saja nyamuk tersebut menyarang anda. Oleh sebab itu anda harus melakukan pencegahan dan mengetahui ciri ciri demam berdarah meskipun pada anak sekalipun, apalagi jika sedang terjadi musim hujan.

Ciri-ciri

Demam berdarah memiliki ciri yang beranekaragam mulai dari gejala pusing, rasa mual, batuk batuk, terkena pilek, tulang terasa nyeri, sakit diare, sakit tenggorokan, muncul bintik bintik merah dan yang paling tinggi terjadinya pendarahan.
Dan dari segi medis meiliki ciri darah mengental, hati dan limfa membesar, trombosit terus mengalami penurunan sampai kurang dari 100.000/mm.

Kita harus sangat waspada terhadap anak kita, sebab anak anka atau balita selalu cenderung tidak menghiraukan sakit yang mereka alami. Biasanya setelah cukup parah baru mereka akan terlihat, oleh sebab itu kitalah yang harus cekatan dan pandai menilai apakah anak kita sedang sakit atau tidak.
Pada dasarnya pada anak anak akan memiliki ciri yang sama dengan orang dewasa jika terkena demam berdarah, yaitu di mulai dengan demam, dan akan muncul bintik bintik merah pada tubuh.

Pencegahan

  • Tutuplah air yang anda taruh di air ataupun bak agar bibit nyamuk tidak bisa berkembang biak di sana karena nyamuk ini menyukai hidup di air bersih.
  • Jika anda membuang sampah seperti kaleng atau sampah yang bisa menampung dan di genangi air cobalah memendamnya.
  • Lakukanlah 3M, menutup, menguras, memendam/mengubur
  • Lakukanlah menggunakan pakaian berlengan panjang
  • Memasang obat nyamuk, baik bakar maupun elektrik
  • Ventilasi rumah di pasang kawat anti nyamuk
Nah itulah beberapa ciri ciri dan pencegahan demam berdarah yang patut kita ketahui dan kita terapkan dalam kehidupan sehari hari.


WWW.ARDADINATA.COM